Tuesday, August 21, 2018

Tentang KMM

KMM merupakan suatu mata kuliah yang melibatkan instansi di dalam dan di luar kampus. Kegiatan KMM menghasikan Laporan KMM dapat berbentuk produk dari rekayasa dalam bidang teknologi informasi. Bobot mata kuliah KMM adalah 6 SKS

Waktu Pelaksanaan

  1. žSemester IV hanya melakukan persiapan pelaksanaan magang.
  2. žLibur Semester IV sampai V selama minimal 6 minggu melakukan kegiatan magang di instansi
  3. žSemester V digunakan untuk penulisan dan seminar KMM

Intansi tempat KMM 

  1. žInstansi berbadan hukum
  2. žMempunyai telepon yang dapat dihubungi
  3. žMempunyai web resmi yang dapat diakses
  4. (1 instansi hanya dapat digunakan untuk 3 orang magang kecuali dengan rekomendasi dosen )

Produk yang dihasilkan oleh mahasiswa pada KMM

perancangan ataupun rekayasa dalam bidang teknologi informasi antara lain :
  1. Jaringan Komputer dan Automata
  2. Sistem Informasi dan Sistem Manajemen Basis Data
  3. Multimedia dan Mobile programing
  4. Multimedia dan Mobile gaming

Tahapan KMM

1.Tahap Persiapan

  • Pendaftaran (Mei-Juni)
    • Mendapat pengarahan KMM
    • Mencari tempat magang
      • Mahasiswa mencari sendiri tempat magang dan dibicarakan secara informal dengan instansi apakah terdapat project magang yang sesuai.
      • D3 TI lewat dosen mencarikan tempat magang dari alumni dan perusahaan yang membutuhkan magang
    • Mendaftar KMM dengan mengumpulkan :
      • Copy Kartu Mahasiswa
      • Copy KRS semester IV
      • Copy Transkrip yang di syahkan PA dengan minimal 40 SKS
      • Bukti Mengikuti Seminar KMM sebanyak 10 kali
    • Mahasiswa Menerima
      • Surat Pengajuan Instansi KMM (lamp 1) yang akan di sahkan oleh D3 TI ketika sudah dikonsultasikan tempat magang dan kegiatan magangnya.
      • Surat Jawaban diterima KMM oleh instansi. (lamp 2)
 
  • Menentukan instansi KMM (Mei-Juni)
    • Membawa lamp 1 Surat Pengajuan KMM untuk instansi dan menyerahkan lamp 2 Surat Jawaban diterima KMM oleh instansi yang sudah di sahkan instansi (tanda tangan pejabat instansi dan stempel instansi). Mahasiswa juga menyerahkan bukti mengikuti seminar magang minimal 10 kali yang di tandangani oleh koordinator magang.
    • Mahasiswa mendiskusikan dengan instansi rencana magang yang akan dilakukan dan ditulis dalam surat rencana magang (lamp 3)
    • Bila akhir mei belum mendapat lokasi maka penentuan lokasi dan tema magang akan di tentukan team KMM D3 TI.
  • Menentukan instansi KMM (Mei-Juni)
    • Membawa lamp 1 Surat Pengajuan KMM untuk instansi dan menyerahkan lamp 2 Surat Jawaban diterima KMM oleh instansi yang sudah di sahkan instansi (tanda tangan pejabat instansi dan stempel instansi). Mahasiswa juga menyerahkan bukti mengikuti seminar magang minimal 10 kali yang di tandangani oleh koordinator magang.
    • Mahasiswa mendiskusikan dengan instansi rencana magang yang akan dilakukan dan ditulis dalam surat rencana magang (lamp 3)
    • Bila akhir mei belum mendapat lokasi maka penentuan lokasi dan tema magang akan di tentukan team KMM D3 TI.
  • Penetapan Dosen Pembimbing (bulan Juni)
    • Mahasiswa dapat mengajukan surat rekomendasi pembimbingan dosen (lamp 4, dengan catatan mahasiswa harus sudah mempunyai instansi dan kegiatan yang akan dilakukan selama magang) untuk diserahkan ke team KMM jika tidak mengajukan rekomendasi maka pembimbing akan di tentukan oleh team KMM
    • Setiap mahasiswa akan dibimbing oleh seorang dosen pembimbing dan bilamana memungkinkan juga akan dibimbing oleh seorang staff dari instansi tempat KMM yang ditunjuk oleh pimpinan instansi  (pembimbing instansi)
  • Pengarahan Etika Magang Mahasiswa KMM (bulan Juni)
    • Sebelum penerjunan mahasiswa ke lokasi KMM, perlu dilakukan pembekalan 1 hari ke mahasiswa dengan materi :
      • Pengetahuan Etika dan Keselamatan Kerja
      • Psikologi Sosial Praktis
      • Metodologi Penelitian Praktis
    • Pembekalan diberikan oleh dosen atau pakar yang ditunjuk oleh Program D-III Teknik Informatika FMIPA UNS.

2.Tahap Pelaksanaan

  • Pemantauan pelaksanaan KMM dan Konsultasi (juli-agustus)
    • Setelah KMM berjalan, pembimbing instansi melakukan pemantauan pelaksanaan KMM dengan ditulis di lamp 6 dan dipantau pula oleh dosen pembimbing KMM yang ditulis di lamp 7 (minimal 5 kali bimbingan instansi)
    • Dosen pembimbing atau mahasisa magang menyerahkan lamp 8 (Form Penilaian Pelaksanaan KMM oleh instansi) dan kuisioner magang / feed back instansi magang(lamp 9)
    • Pemantauan pelaksanaan KMM dilakukan paling tidak sekali oleh pembimbing Magang.
  • Penarikan mahasiswa dari lokasi KMM (Agustus)
    • Pada waktu yang sudah ditetapkan dalam bulan Agustus, mahasiswa harus mengakhiri kegiatan
    • Mahasiswa juga meminta kembali lamp 6 pantauan instansi, lamp 8 yaitu hasil nilai pelaksanaan KMM oleh instansi yang sudah diisi dan dilegalisasi oleh pimpinan instansi (cap dan tanda tangan pimpinan instansi), dan kuisioner magang.
    • Pada saat meninggalkan instansi mahasiswa baik secara individu maupun kelompok supaya pamit kepada pimpinan dan staff instansi.
    • Pada akhir kegiatan KMM, Pimpinan Program D-III Teknik Informatika FMIPA UNS mengirimkan Surat Ucapan Terima Kasih kepada Pimpinan instansi lokasi KMM atas terselenggaranya KMM dan sertifikat untuk pembimbing instansi jika memerlukan.
    • Materi evaluasi pelaksanaan KMM (lamp 8) terdiri dari komponen-komponen:
      • Kedisiplinan (bobot 20%)
      • Ketaatan (bobot 20%)
      • Inisiatif (bobot 20%)
      • Hubungan Kerja Sama (bobot 20%)
      • Penyelesaian Tugas(bobot(20%)
    • Penilaian yang digunakan pada evaluasi pelaksanaan KMM dinyatakan dalam angka rentang 1 – 100.

3.Tahap Evaluasi dan Nilai Akhir

  • Penulisan Laporan KMM
  • Evaluasi Pelaksanaan KMM
  • Evaluasi Laporan KMM (seminar KMM)
Penulisan laporan KMM Penulisan KMM di konsultasikan dengan dosen pembimbing KMM. Penulisan laporan  disesuaikan dengan pedoman penulisan KMM 2015 Evaluasi Laporan KMM (Oktober-Desember)
  • Evaluasi Laporan KMM
    • Mahasiswa Mendaftar Ujian KMM
    • Mahasiswa mengundang peserta seminar (minimal 10 orang)
    • Pelaksanaan Evaluasi Laporan KMM dilakukan oleh:
      • Dosen Pembimbing yang ditunjuk dan ditetapkan oleh Surat Keputusan Dekan FMIPA UNS.
    • Pelaksanaan evaluasi (Seminar Terbuka) dan diatur dengan jadwal ujian pada  (Dijadwalkan setiap minggu setelah pengumpulan berkas)
    • Jadwal Seminar Laporan KMM disesuaiakan dengan kesepakatan pembimbing dan ruang yang tersedia.
Pengumpulan Berkas Magang (Oktober)
  • Mahasiswa Menyerahkan Forocopy KRS semester V dengan mencantumkan KMM pada salah satu mata kuliah yang diambilnya.
  • Mahasiswa Menyerahkan transkrip yang ditandatangani PA minimal lulus 55 SKS sampai semester IV.
  • Mahasiswa menyerahkan lembar pantauan instansi (lamp 6) dengan minimal bimbingan 5 kali dan ditandatangani pembimbing instansi dan di cap instansi.
  • Mahasiswa menyerahkan lembar evaluasi KMM (lamp 7) dengan minimal bimbingan 5 kali dan ditandatangani pembimbing magang.
Pengumpulan Berkas Magang (Oktober) lanjutan….
  • Materi Evaluasi dan model penilaian
    • Materi evaluasi Laporan KMM terdiri dari komponen-konponen:
      • Proses Pembimbingan 20% (minimal 5 x bimbingan dosen)
      • Penulisan laporan 20%
      • Validasi kegiatan 20%
      • Penguasaan materi kegiatan 40%
    • Penilaian yang digunakan pada evaluasi Laporan KMM dinyatakan dalam angka dengan rentang 1-100.
KMM dianggap selesai
  • Mahasiswa menyerahkan lembar revisi ujian KMM (lamp 10)
  • Mahasiswa menyerahkan tanda bukti penyerahan laporan KMM ke perpustakaan (mulai tahun kemarin KMM diserahkan ke perpustakaan MIPA dalam bentuk softfile)
Nilai Akhir KMM
  • Nilai akhir KMM adalah nilai yang dicapai oleh seorang mahasiswa peserta KMM. Nilai Akhir terdiri dari:
    • Nilai dari evaluasi KMM dari instansi : 50 %
    • Nilai evaluasi Laporan KMM : 50 %
  • Nilai akhir dalam angka rentang 1-100 kemudian di konversi dalam skor 1-4 (dimungkinkan menggunakan angka pecahan satu decimal). Nilai akhir KMM (Form 11), harus sudah masuk ke Program D-III Teknik Informatika FMIPA UNS paling lambat pada akhir semester 5 melalui Tim Koordinasi KMM.
 
  • Bagi mahasiswa yang dinyatakan LULUS dengan Nilai Akhir lebih besar atau sama dengan 2,0 (dua koma nol)
  • Dalam hal nilai akhir KMM, ternyata mahasiswa hanya memperoleh nilai kurang dari 2,0 (dua koma nol), maka mahasiswa tersebut dinyatakan TIDAK LULUS KMM dan diwajibkan menempuh ulang KMM pada periode berikutnya.
  • Nilai dari instansi dan nilai ujian laporan untuk skala 100 tidak lebih kecil dari 60
DOKUMEN PENDUKUNG
  • Surat Pengajuan instansi KMM (lamp 1)
  • Surat Jawaban diterima KMM (lamp 2)
  • Surat Rencana Magang(lamp 3)
  • Surat Rekomendasi pembimbing Magang(lamp 4)
  • Surat serah terima KMM 2013 (lamp 5)
  • Lembar pantauan Kegiatan KMM Instansi (lamp 6)
  • Lembar pantauan Kegiatan KMM pembimbing (lamp 7)
  • Form Penilaian instansi magang (lamp 8)
  • Kuisioner magang (lamp 9)
  • Lembar Revisi ujian KMM (lamp 10)
  • Lembar bukti mengikuti seminar magang (lamp 11)
  • Lembar kehadiran seminar KMM (lamp 12)
  Ketentuan baru
  • Terdapat faktor pengali nilai akhir dengan index instansi
  • KMM harus berupa produk
  Tips Sukses KMM
  • Rencanakan project KMM sedetail mungkin dengan instansi dan dosen sehingga project sesuai untuk anda
  • Apapun yang terjadi jangan takut terhadap pembimbing dosen dan instansi segera selesaikan masalah
  • Segera memulai bekerja untuk project magang anda
  • Mandiri jangan tergantung teman atau kakak tingkat
   

Info KMM

jadwal seminar KMM ganjil 2017/2018

Berikut adalah jadwal seminar KMM ganjil 2017/2018 untuk ujian dapat dilakukan antara tanggal 1 Oktober 2017 sampai 8 Januari 2018. Silahkan menghubungi pembimbing masing-masing...