D3TI Menghadirkan Pakar IoT Bidang Telemetri dan Programer-preneur

0
55

Berita D3TI FMIPA-UNS. Berawal dari semangat untuk memberikan bekal ilmu nyata kepada para mahasiswa dan dosen maka pada hari Selasa (27/11/2018) diadakanlah KULIAH PAKAR dalam rangka Workshop & Peningkatan Inovasi Produk HAKI. Tema yang diangkat kali ini adalah :

  • Inovasi IoT di Era Revolusi Industri 4.0
  • Optimasi Coding PHP with Framework!

Sambutan Acara diberikan oleh Kaprodi D3 Teknik Informatika FMIPA UNS yang menyampaikan tentang kesiapan generasi IT dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dikarenakan akan banyak ditemui tantangan digital yang harus ditangani dan diselesaikan.

kuliah-pakar-d3ti-fmipa-uns

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara sekaligus yakni Bapak Widoyo selaku Direktur CV.Narayana Prima Sejahtera dan Bapak Chavid Sukri Fatoni selaku Praktisi IT Programer-preneur dan moderator Yudho Yudhanto.

Pembicara pertama, menyampaikan bahwa IoT adalah jaringan perangkat, kendaraan, peralatan rumah, dll, yang di dalamnya ada rangkaian elektronik, software, penggerak (actuators), dan saling terhubung, saling berinteraksi, bertukar data. Sedangkan Industri 4.0 adalah nama yang diberikan untuk tren saat ini pada otomasi dan pertukaran data pada teknologi pabrikasi.Di dalamnya termasuk cyber-physical systems, the Internet of things, cloud computing dan cognitive computing. Industry 4.0 secara umum disebut revolusi industri ke empat.

Selain menerangkan secara teori, bapak Widoyo juga memberikan contoh dalam produk dan Aplikasi IoT yang sedang dikembangkan oleh tim beliau yaitu Telemetri dan Logger untuk pengawasan tinggi air sungai bengawan Solo di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Telemetri adalah sebuah teknologi pengukuran dilakukan dari jarak jauh dan melaporkan informasi kepada perancang atau operator sistem.

kuliah-pakar-d3ti-fmipa-uns-mahasiswa

Pembicara kedua, Bapak Chavid Sukri membawakan materi tentang “Optimasi Coding PHP with Framework!”. Saat ini framework adalah menjadi primadona dalam melaksanakan teknis coding. Penyebabnya adalah framework akan memudahkan dalam proses  development sebuah software. Framework juga memberikan kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan standar  kecepatan dan keamanan yang bisa diandalkan.

Dari berbagai framework dibidang PHP, menjatuhakan pilihan kepada  framework CI adalah tepat dikarena framework CI dirasa paling mudah, paling banyak diminati pengguna dan juga memberikan support komunitas yang sangat besar. Di Akhir acara, beliau juga memberikan tips-trik dalam melakukan programming PHP agar optimal ketik dijalankan di server dan diimplementasikan kepada user pengguna.