D3TI UNS dan Museum Keris Nusantara Merintis Museum Virtual

0
83
museum-keris-nusantara-d3ti-uns

Solo – Bertempat di Lantai 1 Museum Keris Nusantara, Kamis 16 Agustus 2018.  Bapak Bambang MBS selaku Kepala UPTD Museum Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Solo menerima Tim-VR dari D3 Teknik Informatika UNS yang terdiri dari Lucia Dinta Pratiwi, Mia Aulia Agustin dan Katherin Secondthania Novit didampingi oleh Kaprodi D3TI Azis Nugroho, Ketua Grup Multimedia Fendi Aji Purnomo dan Dosen pembimbing Yudho Yudhanto. Acara ini bertajuk Serah terima hasil penelitian TA berupa produk VR Museum kepada Pengelola Museum Keris Nusantara.

museum-keris-nusantara-d3ti-uns3
Kepala Museum Keris bersama Kaprodi D3TI UNS

Dalam acara tersebut, Bambang MBS menyampaikan bahwa sesuai dengan PP Nomor 66 th 2015 tentang visi museum saat ini adalah sebagai tempat penelitian, pendidikan dan juga wisata/rekreasi. Maka Museum Keris yang berumur 1 tahun sejak 9 Agustus 2017 juga terus berupaya mengoptimalkan teknologi dalam pengelolaan museum. Dan menyambut sangat baik atas kontribusi kampus dalam ikut mengembangkan museum dari sisi teknologi.

Teknologi Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang memungkinkan user dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang disimulasikan komputer sebagai objek nyata atau imajinasi, sehingga membuat user seolah-olah terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut dan juga dapat berinteraksi.

museum-keris-nusantara-d3ti-uns2
Gbr. Serah Terima Hasil Penelitian TA

Kaprodi D3TI menyampaikan bahwa pembuatan VR untuk Museum ini bukanlah pertama karena sebelumnya juga sudah dibuat VR museum Keraton Kasunanan, museum Monumen  Pers Nasional dan Museum Sangiran. Produk VR Museum Keris dibuat dalam 4 bagian yaitu Ruang Wedharing Wacana, Ruang Purwaning Wacana, Ruang Cipta Adhiluhung dan
Ruang Esthining Lampah. Pengguna VR dapat melakukan eksplorasi museum dari setiap ruang diiringi instrumen khas jawa dan juga penjelasan pada tiap-tiap objek seperti keris, tombak dan aset-aset lain yang dipamerkan museum ini. Dalam penerapannya VR Museum dapat dijadikan sebagai layanan khusus kepada pengunjung museum secara langsung dilokasi atau calon pengunjung museum keris diluar museum, selain itu sebagai media sarana edukasi pendidikan museum dan yang terakhir adalah ikut memberikan citra positif (branding) kepada Museum Keris Nusantara ditengah masyarakat

Di Akhir acara, pihak pengelola museum siap memberikan dukungan seluas-luasnya untuk melakukan penelitian demi kemajuan bersama. Produk dari tim VR-D3TI UNS ini akan terus dikembangkan mengikuti visi dan misi Museum Keris Nusantara.