Ajarkan Moralitas Lewat Permainan Ponsel

0
152

Bisa dibilang sebagian besar anak-anak sekarang jauh lebih akrab dengan aneka permainan di gawai seperti ponsel. Karena itu jika hendak memberikan pendidikan bagi mereka cara yang pas bagaimana lagi kalau tidak menggunakan “jurus” yang sama yaitu lewat permainan.


Begtulah yang dilakukan seorang pemuda asal Kabupaten Wonogiri ini. Dia membuat permainan berbasis sitem operasi Android yang berisikan pesan moral dan budi pekerti untuk anak-anak. Dia adalah Rhezka Mahendra Galih Pratamayoga, pemuda 22 tahun asal Wonoboyo, Pokoh, Wonogiri.Dia membuat permainan Cerita Interaktif Anak yang menceritakan kisah Gajah dan Tupai.

Yoga, sapaan akrabnya adalah mahasiswa semester delapan Program Studi D3 Teknik Informatika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Terinspirasi dari permainan luar negeri ia mencoba membuat permainan untuk anak-anak namun dengan pesan moral dan nilai luhur di dalamnya. Pembuatan permainan ia mulai pada bulan Oktober hingga bulan Desember 2017 lalu.

Menurutnya,dalam pembuatan permainan berbasis android ia tidak menemukan kendala berarti. Hanya saja,butuh inspirasi agar pembuatan permainan dapat maksimal dan mendapatkan inspirasi itu tidak mudah.
“Saya harus mencari inspirasi mengenai desain dan memikirkan alur cerita supaya dapat berjalan dengan baik” ujar Yoga saat dihubungi Espos, Minggu (25/3)

Beri Pilihan
Dalam permainan ini terdapat karakter seperti Gajah, Tupai, Singa, dan Pemburu di dalam hutan. Gajah yang kecapekan beristirahat pada sebuah pohon namun gajah tertidur tepat di sarang tupai. Lalu,dalam cerita ini terdapat dua opsi pilihan yang keduanya akan memiliki sebuah alur cerita yang saling berkaitan. “Kebaikan seperti apapun pasti akan mendapat balasan yang setimpal di lain waktu,” begitu bunyi salah satu akhir cerita itu.
Saat ini permainan Gajah dan Tupai dapat diunduh dari Google Play Store secara gratis. Permainan interaktif ini dapat dimainkan oleh anak-anak berbagai usia dan dewasa.
Yoga berharap setelah memainkan permainan interaktif itu muncul minat di kalangan anak-anak untuk membaca. Selain itu pesan moral yang terdapat pada permainannya dapatmenumbuhkan karakter berbudi pekerti. Ia juga berencana akan mengembangkan permainan interaktif ini dan akan membuat permainan permainan yang baru.

Deskripsi Produk :
Cerita Interaktif Anak Gajah dan Tupai ini merupakan aplikasi game cerita interaktif yang berisikan cerita antara Gajah dan Tupai dalam menghadapi masalah yang ada. Di dalam game cerita interaktif ini, pengguna dapat memilih satu diantara dua pilihan yang nantinya terdapat konsekuensi yang dapat menentukan hasil cerita akhir dari pilihan yang telah dipilih.Cerita Interaktif Anak Gajah dan Tupai ini ditujukan kepada anak-anak dengan usia 6-11 tahun dan bimbingan dari orang dewasa.

Link Playstore :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Company.GajahV5

SHARE
Previous articleTabel Data Mahasiswa
Next articlelowongan kerja PT. Ifars Pharmaceutical Laboratories
Alumni SD Negeri Surodadi Boyolali, SMPN 1 Boyolali, SMKN 2 Surakarta, S1 Informatika di UNIKOM dan S2 di MTI, Universitas AMIKOM Yogyakarta. SMS/WA 0818-43-82-89 / 0858-7903-7920 mail : yuda@mipa.uns.ac.id. Kontributor di IKC, Rumahstudio.com dan pengasuh IT di Majalah MaPI Bandung. Saat ini sebagai Teknopreneur AIDC Barcode, RFID & Sidik Jari. Ketua Asosiasi Barcode RFID Indonesia. Menjadi Webmaster beberapa situs Online. Bergabung di Software House terkemuka di Surakarta dan di Bandung. Dan sebagai Dosen Informatika di UNS Surakarta. Terakhir, pernah dan sedang menulis beberapa buku dalam tema Komputer. "Dream - Create - Improve - Share"