Lokakarya “Standarisasi Mutu Pembelajaran dan Kelengkapan Dokumen Kurikulum” 1 Mei 2018

0
43

Program Studi D3 Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam telah menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum pada tanggal 1 – Mei 2018 dengan Judul/Tema “Standarisasi Mutu Pembelajaran dan Kelengkapan Dokumen Kurikulum” di Hotel Loji, Banjarsari, Solo sedangkan sebagai Narasumber/Pemateri adalah Bp. Budi Legowo, S.Si, M.Si sebagai perwakilan LPPMP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) Universitas Sebelas Maret.

Pada Lokakarya tersebut berisikan pengarahan tentang pembuatan dokumen pembelajaran yang berisikan tentang pembuatan RPS (Rencana Perkuliahan Semester), RRP (Rancangan Ringkas Perkuliahan), RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dokumen-dokumen tersebut dilakukan perubahan dikarenakan mengikuti regulasi yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti dalam Permendikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Menteri tersebut menyatakan bahwa perlu adanya Standarisasi Nasional Pendidikan Tinggi. Standar Nasional Pendidikan merupakan salah satu bagian dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang berisi tentang standar kompetensi lulusan, isi pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, dosen dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan pembelajaran dan pembiayaan pembelajaran.

Dalam standar kompetensi lulusan tercantum tentang capaian pembelajaran lulusan yang mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan KKNI dan memiliki kesetraan dengan jenjang kualifikasi pada KKNI. Sehingga perlu dilakukan perubahan tentang Kurikulum yang sebelumnya berjalan dalam standar KBK untuk disesuaikan ke dalam standar KKNI, yang berdampak pada perubahan isi pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

Diharapkan dengan adanya lokakarya tersebut dapat terhimpun dokumen kurikulum yang komprehensif dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan seperti yang ditetapkan oleh Pemerintah pada Program Studi Diploma 3 Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Sebelas Maret.