Mahasiswa d3 teknik informatika UNS Ciptakan Game Android Save the Water

0
164

D3TI—Mahasiswa D3 Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret (UNS), Handoko Trisna Mustika menciptakan sebuah permainan edukasi untuk ponsel Android. Permainan itu bernama “Save the Water”.

Dalam rilis yang diterima Timlo.net, Rabu (7/3) Handoko mengaku dia memerlukan waktu lima bulan untuk membuat gamedua dimensi itu. “Game ini dibuat bukan hanya untuk sekedar bersenang-senang saja, akan tetapi juga sekaligus memberikan edukasi kepada gamer,” tulis rilis itu.

“Save the Water” bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Supaya bisa memainkan game ini, ponsel yang digunakan paling tidak harus memakai Android 4.0 (KitKat) ke atas.

dok: timlo.net/istimewa.

Dalam permainan ini, para pemain akan berperan sebagai seorang pemuda yang peduli dengan lingkungan. Dalam perjalanan pulang, dia akan menemui lingkungan yang tercemar. Tugas para pemain adalah menyelamatkan lingkungan dari pencemaran.

Tugas lainnya adalah mereka harus pulang ke rumah dengan selamat tanpa mengalami dehidrasi. Tentunya hal ini tidak mudah dilakukan karena ada tiga tingkat kesulitan yang bisa dipilih.

Pada tingkat kesulitan mudah, gamer hanya akan dihadapkan dengan lingkungan yang tercemar. Contoh beberapa aksi menyelamatkan lingkungan adalah membuang sampah berupa kulit pisang dan botol ke tempat sampah. Atau mematikan kran air yang masih menyala.

dok: timlo.net/istimewa.

Bila para gamer melakukan aksi-aksi ini, mereka akan memperoleh poin. Poin yang terkumpul bisa digunakan untuk membeli topi. Semakin mahal harga topi itu, semakin bagus efek yang didapat.

Pada tingkat kesulitan sedang, para gamer menghadapi tantangan yang sama dengan tingkat kesulitan sebelumnya. Perbedaannya, para pemain tidak memperoleh bantuan. Pada tingkat kesulitan mudah, para pemain memperoleh bantuan berupa tanda tanya jika mereka mendekati obyek tertentu.

Handoko berkata permainan ini ingin mendidik para pemain tentang pentingnya air. Tapi edukasi ini dilakukan dengan cara menghibur. “Save the Water” juga ingin mendorong para pemain untuk peduli dengan lingkungan. “Lingkungan merupakan sebuah titipan yang dapat dinikmati untuk generasi mendatang,” tulisnya.

Sumber naskah berita: http://www.timlo.net/baca/68719757393/mahasiswa-uns-ciptakan-game-android-save-water/