Lebih Dari Separo Wisudawan FMIPA Berpredikat Cumlaude (Mahasiswa D3TI Meraih IPK tertinggi)

0
561

Sebanyak 87 dari 163 atau separo lebih wisudawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) lulus dengan predikat cumlaude (lulus dengan pujian). Hal ini disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si dalam laporan pada pelepasan lulusan FMIPA hari Sabtu (21/10/2017) bertempat di R. Aula Gedung C FMIPA.

Lebih lanjut Prof. Sugiyarto mengatakan bahwa pada lulusan periode ini IPK tertinggi diraih oleh Shoffia Fajrin dari Program Studi (Prodi) D3 Teknik Informatika (TI) dengan IPK 3,89. Sementara lulusan termuda adalah Aditya Chrisna M dari Prodi D3 TI yang lulus pada usia 19 tahun 10 bulan. Sampai dengan saat ini FMIPA telah melulusakan sebanyak 3.543 sarjana dan 2.163 sarjana muda.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA, Prof. Ir. Ari Handno Ramelan, M.Sc. (Hons) Ph.D berpesan kepada para lulusan, untuk tetap menjaga nama baik almamater. Selain itu juga hendaknya para alumni bisa menjadi manusia yang inovatif, kreatif dan selalu belajar, karena persaingan dunia kerja yang semakin ketat.

“Teruslah belajar, tidak hanya belajar formal tetapi juga belajar bermasyarakat, belajar pada kehidupan,” demikian disampaikan Prof. Ari.

Shoffia Fajrin, lulusan terbaik FMIPA. Meski berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, namun dia berhasil menunjukkan kepada dunia, bahwa keterbatasan ekonomi bukan penghalang untuk meraih prestasi tinggi. Berasal dari keluarga petani yang sudah ditinggal pergi bapaknya, tidak membuatnya patah semangat. Meski lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan ketekunan dan semangat pantang menyerah, Fajrin berhasil lulus dengan predikat cumlaude, sesuatu yang luar biasa karena tidak pernah terbanyang sebelumnya. [M2]