Ikut Majukan Desa, D3 TI FMIPA UNS Buat Aplikasi Baru

0
12

Program Studi D3 Teknik Informatika (Prodi D3 TI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) Surakarta turut berpartisipasi  dalam upaya memajukan program desa tertinggal di Indonesia.

Bentuk kontribusi yang diberikan oleh Prodi D3 TI di antaranya adalah memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mutu sumber daya berupa aplikasi CMS (Content Management System) Desa dan SIMADES (Sistem Manajemen Desa).

Dalam pembuatan aplikasi ini dilakukan penelitian terlebih dahulu di desa pada 4 kabupaten, yaitu Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, dan Boyolali.

Selanjutnya, kegiatan Training dan Pelatihan IT dilaksanakan di Balai Desa Kertonatan Sukoharjo, Jumat (8/9/2017), dengan objek utama Aplikasi CMS Desa dan Sistem Pelayanan Desa.

Kegiatan ini diikuti oleh desa Ngemplak (Sukoharjo), Kertonatan (Sukoharjo), dan Bolon (Karanganyar). Acara ini merupakan rangkaian ke giatan dari kerjasama dan pemberian produk secara gratis kepada desa-desa yang membutuhkan.

Kedua aplikasi ini juga telah dipamerkan kepada masyarakat dalam event Smart IT Festival 2017 (15-17/9/2017) di Hartono Mall. humas-red.uns/Can/Eln

Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-update/ikut-majukan-desa-d3-ti-fmipa-uns-buat-aplikasi-baru.html