PERANGI HOAX LEWAT SMART IT FEST 2017

0
265

D3ti Fmipa uns-Himpunan Mahasiswa D3 Informatika UNS, kembali menggelar SMART IT Fest untuk kedua kalinya selama tiga hari, 15-17 September 2017. Bertempat di atrium Hartono Mall Solo baru, acara dimulai sejak pukul 10 pagi hingga tutupnya mall

Ada tiga kegiatan utama pada SMART IT Fest 2017, yaitu expo, seminar dan lomba IT. Untuk Expo sendiri adalah pameran hasil tugas akhir kakak tingkat yang akan lulus. Total ada 140an karya yang dipamerkan terdiri dari beberapa kategori, seperti game, sistem informasi, mobile dan multimedia. Di sini, pengunjung bisa minta dijelaskan cara pembuatan dan pengoperasiannya pada mahasiswa pembuatnya langsung.

Pada SMART IT Fest kali ini, juga mengadakan seminar mengenai isu yang tengah marak di masyarakat, yakni internet hoax. Mengundang perwakilan Komunitas Anti Hoax, Guntur Wahyu Nugroho menjelaskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran hoax. Langkah yang paling sederhana adalah 4C, yakni Cermat, Cepat, Cek, Cari.

Cermat yang pertama yakni mengidentifikasi informasi yang didapat. Biasaya judul yang provokatif dan bombastis patut dicurigai. Kemudian Cepat dan Cek, yakni segera mungkin cermati alamat situs di mana informasi tersebut berasal, apakah situs terpercaya atau tidak.

Selain cek situs asalnya, masyarakat juga perlu Cari fakta dan keaslian foto memakai mesin pencari google. Jangan sampai menelan mentah-mentah informasi yang didapat. Yang terakhir, Guntur menambahkan untuk  mengubah pola pikir lebih terbuka dan kritis. Salah satu caranya dengan aktif berdiskusi. Karena jika pola pikir tertutup cenderung mudah terpapar hoax.

Selain seminar mengenai hoax, ada juga seminar dengan tema android, IoT dan security. Semua seminar tidak dipungut biaya

link terkait: http://hartonomall.com/perangi-hoax-lewat-smart-fest-2017/